selamat datang di website KBH Salaman.......


ISO 9001 : 2008 NO: DE 472032 QM08
VISI
Penyedia Benih Hortikultura Bermutu Varietas Unggul Sebagai Wujud Pelayanan Kepada Masyarakat

MISI
  1. Mengembangkan Teknologi Perbenihan Hortikultura Melalui Pengetahuan dan Adopsi Tekhnologi;
  2. Melaksanakan Perbanyakan Benih Hortikultura Berbagai Komoditi Varietas Unggul;
  3. Memberikan Pelayanan informasi Teknologi Perbenihan Hortikultura Melalui Pelatihan dan pembelajaran;
  4. Menjalin Kemitraan Dibidang Perbenihan Hortikultura;






PEMESANAN BENIH
Pemesanan benih bisa langsung ke KBH Salaman (0293) 335270 atau email : kbhsalaman@yahoo.co.id
Kontak person Ir. Farida Suci Rohmani nomer 081 328 569 212 atau 085 725 894 885

Kamis, 12 Mei 2011

KOLEKSI ANGGREK








Selain mengembangkan tanaman pisang, KBH Salaman juga mengembangkan beberapa jenis anggrek, koleksi anggrek yang dimiliki antara lain dendrobium, phalaenopsis, oncidium, vanda tricolour dan juga mengembangkan nephentes dengan teknik kultur jaringan.






Setelah dilakukan perawatan secara intensif, Kebun Pisang Percontohan dapat berbuah sesuai dengan harapan. Didampingi oleh Kepala Dinas, Kepala B2TPH, Pimpinan KBH Salaman, Bupati Magelang dan Camat Salaman Gubernur Jawa Tengah Bpk Bibit Waluyo melakukan panen perdana, beliau sangat antusias bahkan berharap petani dapat mencontoh cara budidaya yang benar sesuai dengan petunjuk teknis.

Pimpinan KBH Salaman mendapat pujian dari Pak Gubernur Jateng, waktu panen perdana pisang raja bulu kuning,"ooo...... ini too.....yang mandegani, kecil-kecil cabe rawit," sukses dech... buat bu Anggraeni. Maju terus bu...

KUNJUNGAN KERJA KOMISI B DPRD JAWA TENGAH



Untuk mengetahui sampai sejauh mana peranan KBH Salaman, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Komisi B anggota DPRD Jawa Tengah, melakukan kunjungan kerja di KBH Salaman, pada kesempatan tersebut Pimpinan KBH Salaman memberikan penjelasan apa yang telah dan sedang dilakukan oleh KBH Salaman. Setelah mendapat penjelasan dari Pimpinan KBH Salaman, rombongan anggota dewan meninjau beberapa lokasi yang digunakan untuk kegiatan perbanyakan benih hortikultura antara lain screen house sebagai tempat untuk melindungi tanaman jeruk agar tidak terkena serangan penyakit CVPD dan laboratorium sebagai tempat pengembangan perbanyakan benih dengan teknik kultur jaringan.

PINGIRIMAN BIBIT PISANG KULTUR JARINGAN PASCA PERAKARAN



Selain menjual bibit pisang yang sudah siap tanam, KBH Salaman juga menjual bibit pisang hasil kultur jaringan yang berupa plantlet (bibit yang sudah siap diaklim dan pasca aklim), terutama untuk daerah yang jauh, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya transportasi. Sebab untuk pengiriman bibit yang berupa plantlet dapat dipacking dengan kardus. Daerah yang sudah membeli bibit yang berupa plantlet antara lain Padang dan Kalimantan.

KEPALA DINPERTAN JATENG BESERTA ROMBONGAN


Kepala Dinpertan TPH Jateng beserta rombongan meninjau perkembangan kebun buah pisang raja bulu, beliau berkeliling di kebun pisang dan tertarik dengan tanaman yang sudah mulai berbuah, dan menyarankan untuk memperluas area kebun pisang.

SISWA SMK SEDANG PRAKTEK



Guna meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, peserta kerja lapang langsung turun ke kebun pisang untuk menyaksikan pengambilan plantlet pisang, sebagai bahan utama perbanyakan bibit pisang dengan teknik kultur jaringan

KEBUN PISANG

KEBUN PISANG DI KBH SALAMAN

KUNJUNGAN TIM DARI IPB



Tim dari IPB yang terdiri dari Prof. Dr. Sobirin, Dr. Sriani, MP. dan Darda, MP melakukan kunjungan ke KBH Salaman dengan tujuan melakukan pemantauan perkembangan kebun pisang dan memberikan masukan - masukan agar tanaman pisang dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang optimal

KERJASAMA DENGAN IPB



Pada tahun 2008 melalui Dinpertan TPH Jateng dan B2TPH Wil. Surakarta, KBH Salaman menjalin kerjasama dengan IPB dalam hal percontohan kebun pisang varietas raja bulu seluas 1 ha dan perbanyakan bibit pisang raja dengan teknik kultur jaringan sebanyak 20.000 tanaman. Untuk percontohan kebun pisang s/d bulan April 2009 tanaman yang sudah berbuah kurang lebih 90% sedangkan untuk perbanyakan bibit pisang sebanyak 3.000 tanaman sudah memasuki tahap aklimatisasi.

KBH SALAMAN SEBAGAI TEMPAT MAGANG


KBH Salaman merupakan salah satu satuan kerja milik Dinpertan TPH Jawa Tengah dibawah binaan B2TPH Wil. Surakarta yang sering digunakan sebagai tempat magang, latihan maupun praktek, baik siswa, mahasiswa maupun para petani. Sampai dengan bulan April tahun 2009 ini kurang lebih sudah sebanyak 30 orang yang telah melaksanakan PKL diantaranya dari SMK Negeri 1 Naggulan, Kab. Kulonprogo, SMK N 1 Ngablak Kab. Magelang, SMK N 1 Temanggung, Unsoed Purwokerto dan UTM Magelang. Lama praktek siswa antara 1-3 bulan namun ada juga yang melaksanakan PKL selama 6 bulan sedang untuk mahasiswa lama KL rata-rata sekitar 1 bulan. Adapun kegiatan praktek yang dilaksanakan di KBH Salaman berupa perbanyakan tanaman buah-buahan, tanaman hias yang banyak diminati oleh petani, dan perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan yang banyak diminati oleh siswa SMK dan mahasiswa.

PIMPINAN KBH SALAMAN BESERTA STAF