MENU


selamat datang di website KB TPH Salaman.......


ISO 9001 : 2015 NO: DE 472032 QM08

TERHITUNG MULAI 1 MARET 2023 HARGA BENIH PISANG KULTUR JARINGAN PER BATANG Rp. 10.000,-

Senin, 01 Mei 2017

PERBANYAKAN BENIH PADI DI KBTPH SALAMAN

Selain ditugasi memproduksi benih pisang kultur jaringan KBTPH Salaman pada tahun 2017, juga ditugasi untuk melakukan perbanyakan benih padi, adapun varietas yang dikembangkan adalah ciherang. Pada awalnya Ibu Farida selaku koordinator kebun merasa berat untuk mengemban tugas ini, hal ini dikarenakan :
  1. Lahan di KBTPH Salaman sudah lama tidak pernah ditanami padi sehingga struktur tanah sangat berat
  2. Ketiadaan alat mesin untuk pengolahan tanah, kalau hanya menggunakan handtraktor tidak mampu, mengingat beratnya lahan yang harus diolah
  3. Kondisi irigasi yang tidak menunjang untuk perbanyakan padi, hal ini dikarenakan letak KBTPH yang berada paling ujung saluran irigasi, mengingat saluran irigasi sudah lama tidak berfungsi.
Namun berkat usaha keras Bu Farida yang didukung kemauan keras dari pak Mahfudhon, pak Tusmin selaku petugas lapangan serta dibantu oleh beberapa tenaga kerja pada akhirnya tugas perbanyakan benih padi dapat diselesaikan. Saat sekarang kondisi tanaman sudah mulai berbunga (mratak) Insya Alloh kira - kira satu bulan kedepan benih padi siap dipanen sehingga KBTPH Salaman ikut berperan dalam penyediaan benih padi.